Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, February 17, 2009

Peluang Dimasa Krisis

Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sebagaimana yang seharusnya, dimana tiba-tiba segalanya berubah kearah yang lebih buruk atau lebih rendah baik dari segi kualitas maupun kuantitas itulah krisis. Contohnya saja dalam skala kecil, krisis dalam keluarga ketika muncul permasalahan kesehatan, ekonomi keluarga ataupun memburuknya hubungan antar anggota keluarga bisa disebut sebagai krisis. Dalam cakupan yang lebih luas lagi ada krisis politik , krisis ekonomi dan krisis sosial akan menyebabkan situasi menjadi semakin sulit Pastinya. " OMG " It's Crisis again.

Pertengahan 2008 lalu kita semua tahu bahwa dunia sedang dilanda Krisis Finansial hebat yang berawal dari Krisis Subprime Mortgage dan Housing Bubble di Amerika Serikat, Jatuhnya beberapa hedge funds besar, Reassesment of risks, Unwinding of Yen Carry Trades, Injeksi likuiditas dari bank sentral AS (the Fed), Eropa (ECB), dan Jepang (BoJ). Yang akhirnya berimbas terhadap dunia dan mempengaruhi sektor lainnya. Termasuk Indonesia tidak bisa menghindar dari Badai Krisis Global ini, Puluhan ribu pekerja telah di-PHK akibat dari ambruknya beberapa perusahaan yang tidak bisa bertahan di masa krisis ini, selain dunia Industri sebenarnya krisis pun telah merambah sampai ke pedesaan dimana daerah tersebut bertumpu pada sektor perkebunan, seperti CPO dan karet karena harganya yang merosot tajam. Dan menurut beberapa pengamat ekonomi saat ini ada delapan provinsi yang telah mengalami krisis hebat adalah Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah


Dimasa Krisis inilah sebenarnya kita dihadapkan pada situasi sulit yang menuntut kita untuk tetap bisa bertahan. Biasanya dalam kondisi krisis akan muncul kreatifitas-kreatifitas baru, ide-ide baru. Kerja keras ekstra pasti akan dilakukan dalam rangka mempertahankan diri, kelompok dan organisasi di masa krisis ini. Mungkin Hikmah dari krisis adalah memacu seseorang ataupun organisasi untuk lebih mengeksplorasi kemampuan dirinya sehingga segala potensi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Usaha ekstra ini bisa jadi malah akan meningkatkan kemampuan dan keahlian kita sehingga akan terjadi juga peningkatan kulitas diri. Dimasa krisis ini bisa jadi usaha dan upaya bisa dilakukan berlipat dari sebelumnya. Inilah Peluang Disaat Krisis , Jadi siapa yang mampu bertahan dan mau melakukan kerja Ekstra dialah yang akan menang disaat kondisi sudah membaik nantinya.


No comments:

Post a Comment

SALAM SALAM